MUAY THAI OLAHRAGA KEKINIAN (Esai Lingkaran Kopdar #10)

Oleh Junetko

Abstrak

Muay Thai adalah olahraga bela diri yang berasal dari Thailand. Fungsi Muay Thai berkembang dari masa-ke-masa, mulai dari sebagai teknik bela diri prajurit kerajaan (pertahanan negara), olahraga bagi keluarga kerajaan, seni bela diri pertunjukan, hingga sekarang menjadi olahraga bela diri kekinian yang banyak diminati semua kalangan. Walaupun olahraga bela diri ini berasal dari negara tetangga, di Indonesia Muay Thai mulai menjamur dan menjadi salah satu olahraga favorit semua kalangan. Hal tersebut dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak bagi tubuh.

Kata kunci: Muay Thai, Olahraga, Bela diri, Kekinian

  1. Apa Itu Muay Thai?

Muay Thai adalah salah satu bela diri tangan kosong. Pada dasarnya, Muay Thai memiliki sikap dan gerakan yang hampir sama seperti olahraga tinju. Itulah sebabnya, terkadang Muay Thai disebut juga dengan thai boxing. Pada perkembangan sekarang ini, Muay Thai tidak hanya dilakukan oleh pria saja, bahkan untuk saat ini wanita menjadi kalangan yang lebih tertarik dan aktif dalam ilmu bela diri sekaligus olahraga ini: Muay Thai. Sehingga, tak dapat dipungkiri, Muay Thai pun sekarang menjadi olahraga kekinian yang diminati seluruh kalangan, tak memandang umur, gender, dan status sosial.

Muay Thai merupakan seni bela diri yang berasal dari negeri gajah putih: Thailand. Muay Thai terdiri dari dua suku kata yakni muay dan thai. Kata muay berasal dari bahasa Sanskerta “mavya” yang berarti “tinju bela diri”. Sedangkan Thai adalah suku thai dari negeri Thailand.

  1. Sejarah dan Asal Usul Muay Thai

Muay Thai adalah pengembangan dari bela diri Muay Boran. Praktisi dari Muay Thai disebut dengan nak muay, sedangkan praktisi Muay Thai yang berasal dari luar negara Asia Tenggara disebut dengan nak muay farang (petinju asing).

Muay Thai dikenal juga dengan seni delapan tungkai atau ilmu delapan tungkai. Hal ini karena Muay Thai memiliki teknik yang menggunakan pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut, di mana semua gerakan tersebut menggunakan delapan tungkai atau “titik kontak”. Muay Thai adalah ilmu bela diri yang muncul sekitar 2000 tahun yang lalu, yang tercipta pada masa konflik dan peperangan.

Muay Thai memiliki teknik yang hampir sama dengan beberapa bela diri daerah Asia lainnya seperti:

  1. tomoi dari Malaysia
  2. lethwei dari Myanmar
  3. pradal serey dari Kamboja
  4. muay lao dari Laos

Muay Thai muncul dan berkembang pertama kalinya di Kerajaan Thai, yang diadopsi dari bela diri “muay boran” yang berarti tinju kuno. Muay Boran merupakan metode pertempuran menggunakan tangan kosong yang digunakan oleh tentara bangsa Siam (kini Thailand) akibat kehilangan senjata pada saat pertempuran. Pendapat lain mengatakan bahwa Muay Thai berasal dari ilmu bela diri yang menggunakan senjata bernama “Krabi Kratong”. Selain itu, juga ada pendapat yang mengatakan bahwa Muay Thai berasal dari kedua bela diri tersebut yakni muay boran dan krabi kratong. Hal ini tercermin dari beberapa teknik tendangan, pitingan, dan gerakan lainnya. Muay Thai juga mengadopsi gerakan ‘wai khru’ dari bela diri krabi kratong yang dipergunakan dalam pertempuran bersenjata.

Meski pada awalnya Muay Thai merupakan metode atau teknik yang dipergunakan dalam pertempuran, dalam perkembangannya Muay Thai telah menjadi sebuah olahraga antara dua orang yang saling berlawanan secara sportif. Lama kelamaan akhirnya Muay Thai menjadi integral dari perayaan festival lokal yang diselenggarakan oleh negeri Thailand, khususnya festival yang mengambil lokasi penyelenggaraan di kuil persembahyangan. Tidak hanya sebatas teknik berperang dalam pertempuran dan sebuah olahraga saja, Muay Thai juga dijadikan sebagai suatu hiburan bagi raja-raja di negeri Thailand. Pada acara pertunjukan hiburan yang diperuntukkan bagi para raja ini, para petarung Muay Thai menggunakan tali rami yang panjangnya sekitar tangan dan lengan. Pertunjukan hiburan bagi keluarga kerajaan ini dikenal dengan sebutan “muay kaad cheuk”.

Berawal dari pertunjukan hiburan tersebut, akhirnya keluarga kerajaan dan semua penghuni kerajaan tertarik dengan seni bela diri Muay Thai. Kemudian para staff kerajaan memanggil para praktisi Muay Thai datang ke kerajaan dan mengajar seni bela diri Muay Thai kepada keluarga dan staff kerajaan, seperti: staf rumah tangga kerajaan, prajurit, pengawal pribadi raja bahkan pangeran kerajaan. Selanjutnya bela diri Muay Thai yang berkembang di dalam kerajaan ini diberi nama muay luang. Kerajaan Ayutthaya merupakan kerajaan Thai yang pada masa pemerintahannya membentuk satu peleton pengawal kerajaan yang menggunakan Muay Thai sebagai teknik dasar dalam melindungi raja dan negara. Satuan pengawal kerajaan ini kemudian diberi nama “Grom Nak Muay” yang berarti resimen petarung muay. Tradisi penggunaan bela diri Muay Thai menjadi teknik dalam melindungi raja dan negara ini terus berlanjut hingga masa pemerintahan Raja Rama V (1868 – 1910) dan Raja Rama VII (1925 – 1935).

  1. Perkembangan Muay Thai

Muay Thai mulai dikenal luas oleh masyarakat dunia dan mengalami perkembangan pesat dalam masa seratus tahun terakhir. Hal ini bermula ketika masa Perang Dunia II, di mana para tentara negara Thailand banyak yang dikirimkan ke luar negeri dan berperang di sana dalam waktu yang cukup lama. Para tentara negara Thailand yang pada dasarnya menggunakan teknik Muay Thai dalam menjaga raja dan negaranya juga tetap menggunakan teknik yang sama ketika sedang berperang di luar negeri. Sebelum terjun ke medan perang, para tentara Thailand ini kerap berlatih di kamp-kamp persembunyian dan peristirahatan mereka. Kawasan kamp ini tidak hanya dihuni oleh mereka para tentara negara Thailand tapi juga tentara dari negara Amerika dan Eropa.

Inilah awal mulanya warga luar dari negara Thailand melihat gerakan Muay Thai. Setelah memperhatikan para tentara Thailand ini berlatih dan menyadari kekuatan dari ilmu bela diri Muay Thai ini maka akhirnya tentara dari negara Amerika dan Eropa ini merasa tertarik dan berniat untuk mempelajarinya. Masa Perang Dunia II inilah yang menjadi sarana dikenalnya ilmu bela diri Muay Thai milik negara Thailand oleh orang dari luar negara gajah putih tersebut.

Muay Thai pertama kali diperkenalkan sebagai bagian dari dunia olahraga pada saat akhir Perang Dunia II. Pertandingan olahraga ini dibagi menjadi 5 ronde, di mana setiap ronde diberi durasi waktu masing-masing 3 menit. Sehingga total waktu pertandingan adalah selama 15 menit, tanpa menghitung waktu istirahat. Sama halnya seperti jenis olahraga lainnya, Muay Thai juga terbagi atas beberapa kelompok pembagian kelas seperti kelas ringan, kelas sedang/menengah, dan kelas berat. Untuk lebih mengembangkan dan mengenalkan jenis olahraga baru ini ke masyarakat lebih luas, pemerintah negara Thailand pada masa itu membangun sebuah stadion utama untuk Muay Thai di ibukota negara Thailand yakni kota Bangkok.

Stadion inilah yang menjadi saksi berkembang dan dikenalnya ilmu bela diri sekaligus olahraga Muay Thai oleh masyarakat luas. Sejak stadion ini didirikan dan dijadikan sebagai tempat untuk dilangsungkannya pertandingan Muay Thai, banyak masyarakat yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan secara langsung. Masyarakat umum yang menyaksikan pertandingan Muay Thai secara langsung di stadion tersebut tidak hanya warga lokal tetapi juga para wisatawan asing yang saat itu sedang berlibur di Thailand. Hingga akhirnya, kini Muay Thai telah menjadi kekayaan budaya negeri gajah putih Thailand yang sangat berharga.

  1. Manfaat Muay Thai

Selain bermanfaat menjaga dan melindungi diri dari tindak kejahatan, banyak  manfaat yang diperoleh dari melakukan olahraga Muay Thai, yaitu:

  1. Menjaga berat badan

Bagi yang ingin diet, selain mengatur pola makan dapat juga mencoba melakukan olahraga Muay Thai. Olahraga ini dapat membakar lemak dalam tubuh. Bagi yang ingin menjaga berat badan tetap ideal disarankan melakukan porsi latihan sebanyak dua kali dalam seminggu. Dengan durasi latihan selama satu jam tiap sesi latihan.

  1. Menjaga kesehatan

Manfaat olahraga Muay Thai cocok bagi semua kalangan bahkan bagi yang usianya sudah tidak muda lagi, namun perlu ada pengurangan gerak dibandingkan peserta yang usianya masih muda. Banyak yang mengikuti olahraga ini dengan alasan untuk menjaga kesehatan. Muay Thai dipercaya dapat menekan kolesterol jahat dan menekan darah tinggi.

  1. Meningkatkan stamina

Melalui gerakan yang memadukan teknik sapuan kaki, tendangan, lompatan, pukulan, dan teknik siku membuat massa otot kita bertambah. Dengan melakukan olahraga Muay Thai secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh.

  1. Meningkatkan kekuatan kaki

Olahraga Muay Thai sering menggunakan kaki sebagai salah satu teknik bertarung. Gerakan kaki ini dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah dan kaki.

  1. Memperkuat sistem imun tubuh

Manfaat olahraga Muay Thai bagi tubuh dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh yang lebih kuat dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

  1. Menghilangkan stress

Berlatih Muay Thai dapat menghilangkan stress karena kamu dapat meluapkan emosi dan beban pikiran setelah beraktivitas seharian melalui gerakan memukul dan menendang pada saat latihan Muay Thai.

  1. Metode Muay Thai

Ilmu bela diri Muay Thai merupakan metode bela diri menggunakan tangan kosong sebagai senjata karena dalam Muay Thai yang dijadikan sebagai senjata adalah tubuh. Hal ini karena pada zaman dulu seorang tentara negara yang berperang hanya menggunakan tubuh sebagai senjata alami yang konsep gerakannya menyerupai senjata peperangan. Konsep ini kemudian berkembang hingga tercipta sebuah ilustrasi dalam ilmu bela diri Muay Thai, yaitu sebagai berikut:

  1. Tangan memukul seperti anak panah.
  2. Lengan diumpamakan seperti pedang.
  3. Sikut dan lutut digunakan seperti suatu kampak peperangan.
  4. Tulang kering kaki dikondisikan untuk membentur seperti tongkat, bekerja seperti tombak.

Muay Thai memposisikan perut sebagai pusat kekuatan seorang manusia. Dari sinilah aliran tenaga berasal, mulai bergerak mengitari tubuh dan menjalar ke seluruh anggota tubuh lainnya. Konsentrasi merupakan integrasi kekuatan, sementara kecepatan dan koordinasi otot-otot adalah inti dari segala teknik.

Daftar pustaka

  1. Manfaat Olahraga Muay Thai. Diakses pada tanggal 19 Maret 2019, dari situs https://manfaat.co.id/manfaat-olahraga-muay-thai
  2. Sejarah Muay Thai. Diakses pada tanggal 19 Maret 2019, dari situs https://gurupenjaskes.com/sejarah-muay-thai

*Esai pemantik diskusi di atas kemungkinan besar akan direvisi sesuai bentuk terbaiknya ketika akan dibukukan dalam Bunga Rampai Esai Lingkaran kelak.

Comments (0)
Add Comment