education.art.culture.book&media

Platonisme Kepemimpinan Indonesia (Lingkaran Kopdar #6)

Oleh Martini

Kenalkah anda dengan plato? Gambar di atas merupakan sosok “Pak tua” dengan nama “Plato” yang banyak sekali berjasa dalam pemikirannya tentang kehidupan. Beliau merupakan sosok filsuf yang terkenal hingga saat ini. Pemikiran tentang gambaran kehidupan sosial yang dipakai oleh Plato telah banyak menginspirasi orang sosialis sebagai tokoh yang banyak memberikan pencerahan dan motivasi tentang keadaan hidup bermasyarakat rukun dan damai. Plato menerapkan konsep bahwa semua yang dimiliki oleh rakyat adalah milik negara dan negara berhak memenuhi kebutuhan rakyatnya. Namun, pemikiran Plato ini tidak selamanya menjadi “udara segar” bagi setiap kehidupan manusia. Apalagi jika dikaitkan dengan kepemimpinan Indonesia, masih kah kita berpikir ini adalah sebuah anugerah?

Indonesia merupakan negara maritim yang dipimpin oleh presiden sebagai pemimpin tertinggi sebuah negara. Sistem kepemimpinan dianut adalah demokrasi, yang berarti kepemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat. Kepemimpinan demokrasi yang dijalankan di negara tercinta Indonesia telah membawa kepada sistem pemerintahan yang terbuka dan lebih mementingkan kesejahteraan rakyat. Hal ini secara otomatis berhubungan lurus dengan konsep Plato. Namun, tidak semua konsep Plato bisa kita telan mentah-mentah untuk menjalankan sebuah negara.

Perlu diingat bahwa menjalankan negara bukan hanya seluas daun kelor atau mengatur manusia yang hanya berada dalam satu RT. Namun, lingkup yang besar bernama negara merupakan tempat yang luas, terdiri atas berbagai suku dan beragam budaya serta hal kompleks lainnya. Plato memang sosok yang bijaksana, pemimpin yang sangat sosialis. Jika dilihat dari kepemimpinan sekarang, telah banyak sekali bangsa Indonesia mengalami perubahan sistem kepemimpinan. Hal ini membuktikan bahwa terus adanya perubahan yang lebih baik.

Bangsa indonesia terus melakukan pembenahan atas sistem kepemimpinan yang dijalankan, sehingga perlu diingat bahwa konsep platonisme tidak langsung serta-merta bisa memberikan solusi terbaik bagi negara ini. Perlu ada penyesuaian tentang konsep pemerintahan platonisme untuk dipakai di Indonesia. Overall, saya tetap mengapresiasi sistem pemerintahan negara kita NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan konsep platonisme merupakan konsep yang baik di zamannya.

 

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729