education.art.culture.book&media

Hikmah Belajar dari Hoaks (Lingkaran KOPDAR #5)

Kopdar pertemuan ke 5 berdiskusi tentang Belajar dari Hoaks demikianlah dikirimkan di grup Whatsapp klab buku Lingkaran. Selalu menarik membahas Hoaks karena berbagai macam variasi hoaks itu menurut saya sangat beragam hingga kadang kita geli sendiri atas kabar yang sampai kepada kita. Tergantung orangnya sih banyak yang beranggapan bahwa hoaks atau kabar bohong itu sesuatu yang meresahkan, namun adapula yang bersikap biasa saja serta berbagai reaksi lainnya karena manusia ini banyak ragamnya. Paper yang di tulis pemantik diskusi kami yaitu Mba Dessy Arisandi secara garis besar menggambarkan bahwa kabar bohong itu sudah ada sejak lama bahkan secara filosofis-holihistoris  penyebab “dibuangnya” Adam dan Hawa ke Bumi diakibatkan termakan hoaks Iblis. Wow sungguh saya tidak terpikir sama sekali dan bisa dikatakan ada benarnya juga.

Sesuai dengan judulnya “Belajar dari Hoaks” dari paper tersebut kita memang harus belajar lagi dalam melihat hoaks ini dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan ada hikmah yang dapat kita ambil pelajaran dari paper ini. Adapun hikmah yang kita dapatkan dari paper ini adalah kita bisa mengetahui dampak hoaks bagi masyarakat dan jangan sampai kita melakukan hal konyol dengan menjadi pembuat berita hoax itu sendiri, karena di Indonesia sudah ada UU ITE yang mengaturnya  yaitu Undang- Undang Nomor  11 Tahun 2018, hal ini tentu membuat kita lebih berhati-hati dengan hoaks yang sekarang penyebaran kontennya lebih banyak melalu media sosial. Tentu ini sangat positif agar kita lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial agar tidak disalahgunakan untuk menyebarkan opini, berita, atau informasi yang mengandung hoaks.

Selain itu dalam paper ini kita juga dapat mengetahui jenis-jenis hoax yang sering diterima oleh masyarakat dan itu kembali kepada diri kita bagaimana menyikapinya apakah kita akan menjadi resah atau biasa-biasa saja. Berikut 10 Jenis hoaks yang sering diterima oleh masyarakat (hai.grid.id) yaitu :

  1. Sosial Politik
  2. SARA
  3. Kesehatan
  4. Makanan dan minuman
  5. Penipuan keuangan
  6. IPTEK
  7. Berita duka
  8. Candaan
  9. Bencana alam
  10. Lalu lintas

Nah dari ke 10 jenis hoaks tersebut mana yang paling sering anda terima ??? Jika dari saya pribadi jenis hoax yang paling sering saya terima adalah kabar bohong tentang berita duka tokoh, artis dan publik figur yang meninggal dunia namun setelah di cek lagi kebenarannya itu adalah HOAX !!!!!!! (Yanza Ahaddin Fahmi)

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729