education.art.culture.book&media

JAUH DI MATA DEKAT DI AKSI (Lingkaran KOPDAR #7)

Merupakan istilah yang tepat bagi saya untuk menyebutkan kata “Nuklir” yang dibahas pada Kopdar 7 dengan Juli Yandika sebagai Pemantik. Kopdar kali ini membahas tentang Nuklir sekaligus ta’aruf-an lah istilahnya dengan tenaga nuklir. Nuklir merupakan inti atom dan ternyata inti atom ini ada di setiap lingkup kehidupan. Manusia merupakan gabungan dari berbagai atom. Lalu, begitupun dengan tumbuhan dan makhkuk hidup lainnya. Tidak hanya itu, inti atom juga sekarang telah mengalami perkembangan, banyak teknologi yang memanfaat inti atom dan telah berhasil dipakai dan membantu kehidupan manusia. Intinya, kita terbantu sekali dengan hadirnya nuklir, walaupun notabene-nya kita (khususnya saya) tidak menyadari kalau ternyata yang dipakai adalah teknologi nuklir.

Saya secara pribadi kayaknya mulai mengagumi sosok nuklir ini. Bagaimana tidak, sosok nuklir telah memberikan kemudahan, efisiensi, dan membantu manusia dalam berbagai bidang. Kesehatan dengan rontgen, pertanian dengan melahirkan bibit unggul terbaik, pakaging juga terbantu dengan sistem pengalengan yang lebih higienis, dan beberapa hal dalam bidang tekonologi serta bidang lainnya yang msih banyak penulis belum tahu (maklum, baru ta’aruf seminggu).

Overall, saya berterimakasih kepada Pemantik dari Bennyinstitute yang telah mangangkat bahasan tentang nuklir ini, sangat bermanfaat sekali. Bagaimana tidak, selama ini kita hanya mengenal sosok nuklir sebagai alat pemusnah manusia, musuh bagi kehidupan, dan banyak memberikan efek negatif yang beredar baik itu dilingkungan masyarakat dan media yang banyak memberikan justifikasi negatif. So, yuk … semua yang kemarin berpikir begitu kolot-nya (sama kayak saya), kita ganti paradigma kita tentang nuklir yang lebih friendly dan banyak membantu umat manusia. Mari kita open minded tentang nuklir dan mulai berbenah untuk lebih menganalisis informasi yang beredar terutama tentang nuklir untuk memikirkan manfaat positifnya. Apalagi di era revolusi industri 4.0 sekarang, nuklir seharusnya dengan mudahnya bisa ikut andil dalam perkembangan era ini, seperti dibangunnya PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) atau dalam hal genetika. Saya yakin, nuklir mampu memberikan banyak manfaat di dunia teknologi yang marak. Tentunya, tetap dengan pengawasan dari orang yang ahli di bidangnya, Supaya terjamin safety nya yah …. (Martini)

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729