education.art.culture.book&media

MENGULAS KEMAMPUAN-KEMAMPUAN SUPERNATURAL PADA DIRI MANUSIA (Esai Lingkaran Kopdar #16)

Oleh: Rafli Mahendra

Abstrak

Supernatural (atau biasa dikenal dengan supranatural) adalah sebuah kejadian atau kegiatn yang berhubungan dengan alam beserta isinya serta melampaui daya nalar manusia pada umumnya, melawan kejadian sehari-hari dan membuat seseorang tidak bisa berpikir secara normal-normal saja. Banyak yang percaya dan tidak percaya kemampuan-kemampuan tidak biasa dari manusia seperti ilmu-ilmu kebal, telekinesis, dan astral projection.

Kata kunci: supernatural, supranatural, adikodrati, gaib

 

Supernatural (atau biasa dikenal dengan supranatural) adalah sebuah kejadian atau kegiatn yang berhubungan dengan alam beserta isinya serta melampaui daya nalar manusia pada umumnya, melawan kejadian sehari-hari dan membuat seseorang tidak bisa berpikir secara normal-normal saja.  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, supernatural adalah ajaib (tidak dapat diterangkan dengan akal sehat);gaib;adikodrati. Seringkali kekuatan-kekuatan supernatural ini menjadi tema dalam banyak sekali kisah, misalnya Harry Potter. Harry Potter yang memiliki kekuatan sihir sudah memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia. Bukan hanya Harry Potter tentunya, film dan tulisan-tulisan tentang kemampuan supernatural seperti Sky High, The Incredibles, sudah banyak sekali memiliki penggemar yang merasakan “Enak sekali jika memiliki kemampuan seperti itu”. Tapi bagaimana dengan kehidupan sebenarnya?

Dalam agama-agama Abrahamik (Islam, Kristen, Yahudi) juga dikenal kekuatan-kekuatan supernatural dari nabi-nabinya atau dikenal dengan sebutan mukjizat. Seperti Nabi Ibrahim yang tidak dapat dibakar api, Nabi Musa yang bisa membelah lautan, Nabi Isa yang dapat menghidupkan orang yang sudah mati dan membuat burung dari tanah liat, juga Nabi Muhammad yang dapat membelah bulan juga mengeluarkan madu dari jari-jarinya. Sehingga pengikut-pengikutnya pun banyak percaya dengan kekuatan supernatural.

Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, banyak yang meninggalkan kepercayaan terhadap kemampuan supernatural karena sangat jarang terjadi atau terlihat hal-hal yang nberkaitan dengan ini sehingga biasa disebut sebagai mitos belaka. Mungkin itu yang kupikirkan awalnya, tapi ketika aku mencoba bertanya kepada beberapa siswa SMA yang merupakan generasi Z dan generasi teknologi sekarang ini, 14 dari 20 siswa menjawab percaya dengan kemampuan supranatural. Beberapa dari mereka pernah merasakan kemampuan supernatural di dalam hidup mereka (walau entahlah apakah yang mereka maksud sama dengan yang kupikirkan atau tidak). Ada yang berkata pernah merasakan energi-energi dari manusia walau sekejap, atau memprediksi masa depan secara tidak sadar hanya dari apa yang  dipikirkan, juga ada yang beralasan tentang orang-orang indigo yang pernah mereka jumpai.

Kemampuan supernatural seperti tenaga super, melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat, ilmu kebal, ataupun telekinesis kadang tidak bisa dibuktikan dengan akal sehat. Namun beberapa hal seperti tenaga yang tiba-tiba membesar tanpa latihan fisik bisa timbul saat The Power of Kepepet muncul seperti yang terjadi pada tahun 2013, dua orang anak gadis berumur 14 tahun dan 16 tahun mengangkat traktor seberat 1,5 ton untuk menyelamatkan ayahnya. Mungkin saja, mereka memacu adrenalin mereka hingga ke tahap ekstrem sehingga  kekuatan supernya itu muncul.

Telekinesis (kemampuan untuk menggerakkan benda-benda dengan pikiran) dan keluarganya seperti aeorokinesis (mengendalikan angin), hydrokinesis (mengendalikan air), pyrokinesis (mengendalikan api), electrokinesis (mengendalikan listrik), serta banyak lagi, menurut beberapa sumber bisa dipelajari dengan latihan yang rutin dan pengendalian fokus. Ada juga bola energi atau psi ball yang ternyata bisa mudah dibuat dengan cakhra atau ki atau tenaga dalam yang ada di dalam diri manusia hanya dengan fokus dan pengendalian diri. Telekinesis dan hydrokinesis pernah ditunjukkan oleh salah satu pesulap asal Indonesia, yaitu The Sacred Riana dalam pertunjukannya

Di Indonesia ini, kita mengenal banyak suku-suku Indonesia yang memiliki kekuatan magis, yang utama adalah ilmu sihir dan ilmu kebal senjata seperti yang ada di Suku Baduy dan Suku Kajang. Juga Asmat dan Dayak. Sehingga banyak dari suku-suku di Indonesia ditakuti karena kemampuan magisnya itu.

Ada lagi proyeksi astral atau astral projection di mana jiwa kita terlepas dari tubuh. Kita dapat bebas berkelana menggunakan jiwa atau tubuh astral kita tanpa menggunakan raganya. Pergi ke dunia astral, lalu kembali setelah selesai. Banyak orang-orang di jejaring sosial yang mengatakan ini benar-benar bisa dilakukan dan mereka sudah merasakannya. Bisa dilakukan dengan sengaja ataupun tidak sengaja.

Nah, jadi dari semua pembahasan kemampuan supernatural ini bisa dibilang bahwa manusia bisa jadi memang mempunyai kemampuan supernatural yang bisa muncul tiba-tiba, muncul atas sugesti, ataupun perlu pelatihan terlebih dahulu dengan proses-proses. Tapi bagaimanapun, banyak yang harus melihat dulu secara langsung baru bisa memercayainya karena ini adalah misteri yang mungkin memang sulit untuk diterima. Tidak ada paksaan dalam memercayai, tapi tetap saja bisa jadi memang ada, kan? Ada yang tahu. Ada yang tidak tahu.

 

DAFTAR PUSTAKA

www.viva.co.id/berita/dunia/404268-selamatkan-ayahnya-dua-gadis-angkat-traktor-1-5-ton

www.yukepo.com/hiburan/life/amazing-ini-dia-kekuatan-supernatural-yang-ternyata-dimiliki -oleh-setiap-manusia/

https://humanofknowledge.wordpress.com/2016/09/29/apa-itu-kinesis-dan-jenis-jenis-kinesis/

www.zoneknowledge.com/2017/09/apa-itu-psi-ball-bola-energi-dan.html?m=1

http://ilmuparanormal.com/ilmu-supranatural/

www.yukepo.com/hiburan/horror/ngeri-5-suku-indonesia-ini-punya-kekuatan-magis-yang-sakti-mandraguna/

www.boombastis.com/fakta-astral-projection/53500

https://m.liputan6.com/ramadan/read/2970888/nabi-nabi-ini-dianugerahi-allah-swt-dengan-mukjizat

 

*Esai pemantik diskusi di atas kemungkinan besar akan direvisi sesuai bentuk terbaiknya ketika akan dibukukan dalam Bunga Rampai Esai Lingkaran kelak.

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783