education.art.culture.book&media

Benny Institute Akan Rilis Buku Partitur Lagu Daerah

Demi mereleasisasikan visi Benny Institute untuk ambil bagian dalam membangun literasi berbasis kekayaan lokal di Lubuklinggau, Musirawas, Musirawas Utara dan sekitarnya, tahun ini Benny Institute akan menerbitkan beberapa buku. Salah satunya yaitu Partitur Lagu Daerah Musirawas, Lubuklinggau, dan Musirawas Utara yang disusun oleh budayawan Azman Bainuri.

Buku ini memuat partitur lagu-lagu daerah yang proses praproduksinya mendapatkan dukungan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatra Barat.

Benny Arnas dan Azman Bainuri, penyusun buku

“Kami merasa penting melakukan penelitian, penelusuran, hingga menerbitkan partitur-partitur ini agar keaslian bentuk dan batang lagunya terdokumentasi dengan baik. Di tengah budaya covering alias membawakan ulang lagu-lagu (lawas) dalam aransmen baru, tak terkecuali lagu daerah, di sejumlah acara dan kanal Youtube dan media sosial hari ini,” kata Benny Arnas sebagai pimpinan produksi program ini.

Lebih jauh, Juli Yandika, editor buku ini mengatakan bahwa pendokumentasian ini juga menjadi penting untuk menjaga keaslian tubuh lagu-lagu daerah yang, disadari atau tidak, memiliki irisan dengan situasi sosial, budaya, dan politik ketiga daerah yang sebelum tahun 2001 adalah bernama Musirawas ini. “Ini bukan hanya bunga rampai partitur, tapi catatan kebudayaan yang merekam kondisi sosial-budaya kita, khususnya di masa sebelum otonomi,” pungkasnya.

Akhir Oktober, buku ini ditargetkan terbit.

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 4757