education.art.culture.book&media

Gedung sekolah dan penerus, pentingkah?? Simak yuk!! (Tugas BWC #3)

Didalam era yang maju ini apakah masih perlu gedung sekolah dan penerus?? Mari simak!!.Dalam era apapun mestinya semuanya setuju bahwa pendidikan sangat lah penting, apalagi didalam era yang maju seperti ini, sekolah amat penting supanya setiap insan di negara ini dapat bersaing dengan negara negara lainnya.

Tapi,,!!!  Apakah setiap daerahnya telah mendapatkan fasilitas gedung sekolah yang memadai?? Menurut KEMENDIKBUD pada tahun 2016 terdapat 150 ribu sekolah tak layak pakai, jumlah yang banyak bukan??  Memang data ini sudah dua tahun yang lalu, tapi ini menjadi gambaran betapa banyak sekolah sekolah yang tak layak pakai.

Terus apa hubungan sekolah dan penerus?? Tentu keduanya memiliki hubungan karena di tempat itu lah penerus bangsa akan bermunculan, bagaimanapun sekolah adalah salah satu tempat yang sangat mempengaruhi setiap skill anak bangsa,bagaimana mau maju skill anak bangsa jika gedung gedung sekolahnya banyak yang tak layak pakai. Selain skill, sekolah pun memiliki beberapa peran, yaitu:

  1. Moral
  2. Melatih mental
  3. Konseling
  4. Menimbulkan kepercayaan pada orang lain
  5. Rasa tanggung jawab
  6. Memiliki sifat adil
  7. Memiliki sifat peduli dengan sekitarnya
  8. Jujur

Dan masih banyak lagi peran peran sekolah yang amat penting bagi penerus bangsa. Dengan semua itu tentu kita sadar bukan, bahwa sangat penting sekolah? Untuk semua itu tentunya memerlukan gedung yang baik supanya anak anak bangsa dapat belajar dengan nyaman dan lebih konsentarsi tentunya.

Pada tahun 2018 untuk mewujudkan itu semua pemerintah tentunya mengeluarkan anggaran. Pertanyaannya, berapa besarkah pemerintah mengeluarkan anggaran pada tahun 2018 khususnya?? Hmm penasaran???  Mari kita baca di bawah.

Dari total anggaran belanja sebesar Rp2.220 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018, pemerintah sebagaimana tertuang dalam Lampiran XIX Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 107 Tahun 2017 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018 (tautan: Perpres Nomor 107 Tahun 2017-Batang Tubuh) telah mengalokasikan Rp444,131 triliun untuk pendidikan.

Jumlah yang sangat besar bukan?? Dengan nilan Rp444,131 triliun tentunya pemerintah telah sangat berperan dalam pendidikan. Tapi!! Mengapa masih banyak sekolah sekolah yang tak layak pakai?? Dalam kasus ini tentunya tak dapat kita selalu menyalahkan pemerintah. Meskipun,sebagai warga yang baik kita harus mengawali setiap pengeluaran anggaran tersebut, karena bisa jadi ada oknum yang tak bertanggung jawab bermain dalam anggaran sebesar itu.

Perluh kita pahami pemerintah tak akan bisa bekerja sendiri, tentunya mereka memerlukan kita sebagai masyarakat, karena itu marilah kita dukung pemerintah siapapun pemimpinnya dalam memperbaiki pendidikan supaya menjadi lebih baik.

BAIK PENDIDIKAN, BAIK JUGA BANGSA!!

HANCUR PENDIDIKAN MAKA HANCUR JUGA BANGSA !!

 

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 4757