education.art.culture.book&media

MENGETAHUI PERAN DAN TUGAS SEBAGAI MAHASISWA (Tugas BWC Angkatan 2)

MAHASISWA merupakan gabungan kata dari maha dan siswa. Arti dari maha sendiri adalah sesuatu yang lebih tinggi tingkatannya, besar dan siswa sendiri adalah seoang pelajar atau murid. Jadi, arti dari MAHASISWA adalah seorang pelajar atau murid yang lebih tinggi tingkatannya dan besar. Maksudnya lebih tinggi pendidikan nya dan lebih besar tanggung jawabnya.

Ketika kita berbicara tentang mahasiswa, tentang tanggung jawab kita, tentang mimpi kita. Tidak lain kita adalah pembangun peradaban bangsa bahkan dunia. kitalah yang harus membuat perubahan-perubahan untuk menuju kearah yang semakin baik. Kita diibaratkan seperti seorang arsitek yang di tuntut harus mampu merancang rangka dan jadinya beradaban bangsa yang tidak terlepas dari lahirnya orang-orang hebat yang mampu mengabungkan spiritualitas dengan intelektualitas yang di tempatkan dalam satu jiwa yang lapang dan luas.

Tugas dari seorang Mahasiswa itu bukan hanya belajar, belajar dan belajar. Namun memiliki tangung jawab yang lebih dalam merancang perubahan suatu peradaban bangsa. Apalagi ketika mahasiswa sudah dinyatakan wisuda dan sudah menjadi sarjana. Gelar sarjana hanya mejadi sebuah gelar keika kita do nothing buat perubahan bangsa.

Apakah menjadi sarjan itu lebih pintar?
Apakah menjadi sarjana itu sudah pasti sukses?
Apakah menjadi sarjana mudah untuk bekerja sesui bidangnya?

Banyak sarjana hanya memegang gelar dan menyimpan ijazah. Banyak sarjana yang hanya menjadi pedagang dan buruh tani bahkan terlunta lunta dalam mencari pekerjaan. Banyak orang yang tidak memiliki gelar sarjana tetapi menjadi seseorang ang mampu merubah bangsa, karena mereka memiliki sebuah pemikiran yang luas dan mampu berinovasi bahkan mampu berkreasi sesuatu hal yang baru.

Sudah saatnya kita intropeksi diri dengan memaknai tanggung jawab kita sebagai mahasiswa. Kita harus mampu memberikan inspirasi untuk orang lain. Kita harus mampu menunjukan bahwa kita bukan hanya sarjana karbitan ketika kita lulus kelak. Mahasiswa harus mampu berinovasi bahkan mampu membuat suatu kreasi baru yang dapat diterima oleh bangsa bahkan dunia.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang masih membutuhkan banyak para pekerja, dari segi tenaga, teknik, bahkan materi. Namun bukan pekerja yang hanya menerima suatu pekerjaan begitu saja. Akan tetapi, membutuhkan pekerja yang mampu berinovasi bahkan berkreasi memiliki sebuah pemikiran yang luar biasa dan mampu menjunjung indonesia kepada perekonomian dunia.

Maka dari itu Mahasiswa dituntut agar mampu berinovasi bahkan berkreasi dan mampu mengispirasi banyak orang bukan hanya dari segi materi namun juga praktik, ketika saat masih menjadi mahasiswa atau sudah dinyatakan menjadi sarjana.

Dan saat ini juga kita harus bisa merubah pola pikir kita kedepan, karena kita bukan siswa lagi bukan anak-anak lagi namu kita mahasiswa perubah peradaban bangsa dan bagaimana kita mampu bersaing dengan orang banyak. Apalagi saat ini di Asia sudah membuka sistem pasar bebas dimana barang-barang dari luar bebas masuk ke indonesia tanpa biaya sepeserpun. Bukan hanya barang, namun juga jasa tenaga, orang yang mencari pekerjaan dari luar akan bebas bekerja di indonesia. Kita sebagai Mahasiswa Indonesia harus mampu bersaing dengan pekerja luar dan jika perlu kita mempekerjakan mereka bukan di pekerjakan mereka.

Kita Mahasiswa indonesia, pelajar indonesia, pemuda indonesia dan kita juga pembangun indonesia, ayo tunjukan pada dunia bangsa kita bangsa yang besar dalam segala hal bahkan pendidikan kita tidak kalah dengan pendidikan negara maju.

Kita putra-putri indonesia berjuang untuk indonesia.

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729