education.art.culture.book&media

ABCD ADALAH ABJAD

Anak anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah anak yang belum mengenal abjad. Mungkin mereka akan baru mengenalnya pada saat kelas 1 SD dan itupun mereka  bisa menyebutkannya saja tapi tidak tahu yang mana A, yang mana B dan tidak tahu letak, bentuk dan cara pengejaan yang benar. Namun itu sebenarnya cukup masuk akal untuk anak seusia mereka. Dan apakah itu adalah sebuah masalah besar? Ya, bisa jadi untuk para orang tua yang tidak sabar melihat anak-anaknya bisa membaca.

Masalah yang lebih besar sebenarnya adalah para remaja yang sudah duduk di kelas 1 SMP yang seharusmya mengerti abjad malah tidak mengerti “apa itu abjad”. Mereka tahu “itu adalah abjad” namun tak mengerti cara membaca dan mengejanya yang baik dan benar.

Aku heran apakah pantas remaja seusia mereka tidak mengerti yang namanya abjad?

Bila ditanya dengan gurunya perihal kenapa mereka tidak mengerti abjad dan tidak bisa membaca, mereka lantas ringan menjawab, “Abjad tuh apa dan ABCD untuk apa?”

Melihat yang demikian, aku lantas berpikir 6 TAHUN SEKOLAH KALIAN KEMANA?

Ya, itu adalah pertanyaan yang cocok untuk mereka. Bukan karena apa-apa. Mereka itu mungkin memang tidak belajar di rumahnya atau malah sibuk dengan handphone saja.

Sebenarnya ini aneh. Jika mereka bisa memainkan handphone yang pada umumnya memakai abjad dan menonton film barat yang tentu memiliki tulisan terjemahan kok abjad yang adalah materi anak-anak PAUD saja malah tidak tahu. Dan apakah orang tua para remaja itu—yang tak bisa membaca tidak malu dengan kondisi anaknya yang seperti itu.

Jika mereka belum bisa membaca dengan benar lantas bagaimana mereka bisa belajar menulis dengan benar? Tidakkah dengan bisa membaca mereka bisa senang? Namun sayangnya satu-satunya alasan atau penghindaran yang mereka punya tidak lain dan tidak bukan adalah MALAS.

Ketahuilah para orang tua, jika anak-anakmu tidak mengenal abjad, maka ANAKMU TAK BISA MEMBACA, ANAKMU TAK BISA MENULIS, ANAKMU TAK MENGERTI PELAJARAN YANG DIBERIKAN GURU, ANAKMU TAK MENGERTI CARA MENGGUNAKAN KOMPUTER.

Oleh karena itu tolong atur anak-anak penerus bangsa itu, tolong kendalikan ia, dengan mulai dorong mereka untuk mengenal ABJAD dengan baik dan benar.(*)

Lubuklinggau, 12-9-2019

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 4757