education.art.culture.book&media

Hancurkan Rasa Mindermu!

 

(Tugas Bennyintitue Writing Class #2)

Bila anda ingin menang tapi merasa tidak mampu, hampir pasti anda tidak akan menang

( ARNOLD PLMER, PGOLF KALIBER DUNIA )

Lakukanlah apa yang takut anda lakukan, maka rasa takut itu akan hilang

( RALP WALDO EMERSON )

Dua kalimat inspiratif diatas tentunya menunjukan bahwa tingkat percaya diri sesorang tentu akan sangat berpengaruh akan keberhasilan seseorang didalam hidupnya. Ya ..! tentu saja orang yang memiliki rasa percaya diri yang baik akan mampu melakukan banyak hal dalam hidupnya, sedangkan ketika sesorang orang yang merasa dirinya kurang ( minder) ia lebih cendrung memilih menarik diri dari lingkungan sekitarnya daripada bergaul, berkumpul berkomunikasi bersama orang-orang yang ada dilinkungannya dan ini tentunya akan menjadi penghambat baginya dalam mencapai keinginan dan impian yang ada dalam hidupnya.

Munculnya rasa minder itu sendiri bisa disebabkan seseorang tersebut merasa dirinya berbeda dengan orang lain baik secara fisik terlahir cacat , perkembangan fisik yang tidak seperti  diharapkan ( hidung pesek atau tubuh terlalu pendek dll) atau  juga bisa disebabkan karena kondisi ekonomi, lingkungan keluarga ataupun keterampilan yang dirinya miliki kurang dari orang lain.

Mental inilah yang sebenarnya harus kita perbaiki, ketika kita menggangap bahwa diri kita lebih rendah dan tidak mampu dibandingkan dengan orang lain, maka disaat itulah sebenarnya kita secara tidak sadar telah menyutik mati diri kita sendiri.

Keadaan yang tidak menerima sepenuhnya tentang kondisi yang kita miliki membuat diri kita akan semakin jauh terpuruk kedalam kerendahan diri

Berdamailah dengan diri sendiri dan berhentilah mengerutu atas kekurangan yang kita miliki, perbanyak bersyukur kepada Allah SWT akan membuat rasa percaya diri kita bangkit dan tumbuh kembali.

Setiap orang diciptakan Tuhan pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, baik disadari atau tidak kita semua memilki potensi kelebihan masing-masing. Lalu apa yang membuat berbeda ? Yang membuat berbeda adalah “Fokus”  bagaimana kita bisa fokus dengan kelebihan yang ada serta terus memperbaiki dan meminimalisir kekurangan yang kita miliki.

Jika fisik , cantik, ganteng dan tinggi adalah menjadi tolak ukur kesuksesan sesorang dan menjadi penghalang untuk maju , coba sekarang kita berkaca bukankah tidak sedikit dari orang-orang secara fisik tidak begitu menarik seperti ucok baba,daus mini, dll. Mereka berhasil bangkit dengan potensi yang mereka miliki sehingga mampu berprestasi dibidangnya.

Hidup adalah pilihan, jika Tuhan saja telah memilih kita untuk hidup didunia ini jadi kenapa kita harus minder dan merasa kecil dan rendah diri dihadapan orang lain. Maka saat ini buang jauh-jauh rasa minder yang ada pada dirimu mulailah tersenyum menerima diri sendiri karena “Bagaimanakah orang lain bisa menerima dan percaya kepada diri kita jika kita sendiri tidak percaya dan menerima apa yang kita miliki.

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 4757