education.art.culture.book&media

Membentuk Karakter Positif Para Generasi Kids Jaman Now (TUGAS WRITING #2)


Bagaikan air yang mengalir deras, laju perubahan waktu pun mengalir tak terbendung. Waktu telah berubah artinya zaman telah berganti. Semakin berkembangnya zaman, semakin berubah pula karakteristik generasi suatu bangsa. Saat ini, Indonesia sedang menghadapi tantangan besar untuk mendidik para tunas bangsanya. Istilah kids jaman now merupakan sebuah plesetan yang sedang viral di kalangan masyarakat Indonesia. Istilah yang sama sekali tidak sesuai dengan kaidah berbahasa Indonesia ini digunakan masyarakat untuk menyebut generasi muda yang tengah terjebak mengikuti pola hidup kekinian. Mulai dari aktif mengikuti trend media sosial, trend pakaian hingga trend makanan. Lunturnya nilai-nilai luhur dan kesopanan dianggap sebagai salah satu dampak dari fenomena kids jaman now. Sayup-sayup terdengar terdapat pula kalangan masyarakat tertentu yang menjuluki generasi kids jaman now dengan julukan “generasi micin” sebagai bentuk cibiran.
Kemajuan ilmu teknologi dan komunikasi merupakan faktor yang paling rasional dari perkembangan fenomena ini. Jika di era sebelumnya, generasi muda Indonesia lebih suka bersosialisasi membaur langsung dengan masyarakat. Maka, di zaman sekarang era generasi yang juga disebut sebagai generasi “z” terkesan individual dan lebih sering berinteraksi dengan alat teknologi dan komunikasi seperti internet dan gawai. Banyak pendapat yang mengatakan gawai adalah sarana untuk mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Dari trend gawai inilah, pengaruh dari luar dengan mudahnya masuk mewarnai ke berbagai lini di masyarakat. Generasi kids jaman now adalah salah satu produk yang dihasilkan dari pesatnya perkembangan zaman sekarang. Generasi ini sangat cakap memainkan alat teknologi, informasi dan komunikasi, seperti laptop, komputer, iPad, smartphone dan jenis lainnya, bahkan media sosial telah menjadi bagian dari kebutuhan mereka.
Generasi kids jaman now merupakan tantangan tersendiri untuk para orang tua yang notabene adalah parents jaman old. Para orang tua harus mencari cara dalam mendidik perilaku kids jaman now agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan sosial. Strategi yang tepat harus disiapkan agar anak panah dapat mengenai sasaran.
Setiap harinya para parents jaman old harus mempersiapkan waktu untuk memberikan perhatian dan pengawasan khusus kepada para kids jaman now. Bisa jadi hanya sekedar menanyakan kabar, menanyakan kejadian di sekolah ataupun sharing dan tukar pikiran tentang hal lainnya. Melalui komunikasi ini, para kids jaman now akan merasa diperhatikaan sehingga orang tua bisa dengan mudah masuk ke dunianya dan memberikan contoh keteladanan. Penanaman nilai-nilai agama dari lingkungan keluarga juga dirasa perlu untuk menjadi benteng yang kuat bagi para kids jaman now.
Selain orang tua ataupun keluarga, lingkungan sekitar juga sangat berperan penting dalam pembentukan karakter para kids jaman now. Salah pilih teman bermain juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan penyimpangan-penyimpangan sosial. Dalam satu hari biasanya para anak lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan sekolah. Maka dari itu, agar terbentuk karakter yang baik, orang tua harus pandai memilih sekolah yang di dalamnya tertanam nilai-nilai akhlak mulia. Di era sekarang, sangat banyak sekolah-sekolah agamis yang menawarkan program-program unggulan tentang pendidikan karakter untuk membentuk generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Sekolah seperti ini, merupakan salah satu solusi untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada para kids jaman now.
Lalu, strategi terakhir yang perlu diterapkan adalah sibukan diri para kids jaman now dengan kegiatan-kegiatan positif yang dapat mengasah minat dan bakatnya. Misalnya, kegiatan-kegiatan les untuk mengasah kemampuan di luar sekolah seperti les menulis, les musik dan kegiatan-kegiatan tambahan lainnya.
Jika strategi-strategi yang tepat telah dilakukan pada generasi ini. Maka, akan terbentuklah para generasi kids jaman now dengan paradigma positif. Pandangan buruk terhadap generasi kids jaman now akan bergeser dan berubah menjadi pandangan baik bahwa generasi ini adalah para generasi yang cerdas, berakhlak mulia dan tentu saja kekinian. Seiring berjalannya waktu, generasi sebutan generasi kids jaman now akan hilang dengan sendirinya dan berganti dengan generasi di zaman selanjutnya.
asi Kids Jaman Now  (TUGAS WRITING #2)

Comments
Loading...

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/benny123/public_html/wp-includes/functions.php on line 4757